Kecerdasan seseorang bisa dilihat dari perbuatannya. Keilmuan seseorang bisa dilihat dari pembicaraannya. Dan keimanan seseorang bisa dilihat dari kejujurannya.(pepatah)

Kisah serigala dan Burung Bangau

Alkisah, suatu kali ketika sedang melahap mangsa buruannya, sebuah tulang kecil menyangkut di kerongkongan serigala. Ia tak bisa mengeluarkannya, tapi juga tak bisa menelannya. Karena sakit luar biasa, serigala itu melompat-lompat sambil melolong-lolong dan mencari cara untuk meredakan rasa sakitnya. Ia membujuk hewan apa saja yang ditemuinya untuk mengeluarkan tulang itu.



“saya akan memberikan apa saja, jika anda bisa mengeluarkan tulang dari kerongkongan saya”, katanya.
Bujukan yang disertai iming-iming ini ternyata gagal. Serigala itu melanjutkan perjalanan dan mendadak melihat seekor bangau. Burung bangau itu bersedia menolong dan menyuruh serigala berbaring menyamping dan membuka mulutnya selebar mungkin. Brung bangau itu lalu menurunkan lehernya yang panjang dan mematuk tulang yang tersangkut sampai terlepas.

“Sekarang, apakah saya bisa menerima hadiah yang anda janjikan?” tanya burung bangau.
Serigala itu menyeringai memperlihatkan giginya yang tajam,lalu berkata “Bersyukurlah kamu sudah memasukkan kepalamu ke dalam mulut serigala dan masih bisa mengeluarkannya dalam keadaan selamat. Itu sudah hadiah yang cukup berharga untukmu”.

Moral cerita: 

  • Saat melayani dan mengerjakan sesuatu untuk orang-orang licik atau jahat jangan mengharapkan hadiah atau imbalan. Bisa lols dari bahaya dan tidk cedera saja sudah merupakan hadiah terbesar untuk anda.
  • Perundingan dengan orang-orang yang tak bisa dipercaya tak akan memberikan hasil yang baik.

Ar Yu ReDEY..?!